membuat fis tsukamoto di netbeans

Membuat Fis Metode Tsukamoto dengan netbeans
 1) Jalankan aplikasi netbeans yang sudah terinstall pada pc/laptop

2) Klik File – New Project, pilih java application dan next 

3) Berikan nama pada project name, lalu finish

4) Membuat JFrame Form, pada project dengan cara, klik kanan pada packages nama project. 
5) Membuat desain gui, seperti pada gambar berikut 

6)  Membuat packages baru untuk membuat java class, caranya klik kanan pada source packages –           new packages, berikan nama packages 
7) Buatlah java class pada packages yang baru. Ketikan source kode berikut pada java class :


/*
* To change this license header, choose License Headers in Project
Properties.
* To change this template filechoose Tools | Templates
and open the template in the editor.
*/
package hitungFuzzy;
/**
*
* @author Royani Darmawan
*/
public class hitungFuzzy {
private double alfatotal = 0;
public double kurang (double KD){
double hasil = (90-KD)/30;
return hasil;
}
public double baik (double KD){
double hasil = (KD-90)/30;
return hasil;
}
public double kurangKB (double KB){
double hasil = (90-KB)/30;
return hasil;
}
public double baikKB (double KB){
double hasil = (KB-90)/30;
return hasil;
}
public double hasilTidakLayak (double KYTidakLayak){
double hasil = 90-(30*KYTidakLayak);
return hasil;
}
public double hasilLayak (double KYLayak){
double hasil = 60+(30*KYLayak);
return hasil;
}
public double Rule1 (double KD, double KB){
double alfa1 = Math.min(kurang(KD), baikKB(KB));
double hasil = hasilTidakLayak(alfa1);
hasil = alfa1*hasilalfatotal = alfatotal+alfa1; System.out.println("Alfa1:"+alfa1); System.out.println(hasil);
return hasil;
}
public double Rule2 (double KD, double KB){
double alfa2 = Math.min(kurang(KD), kurangKB(KB));
double hasil = hasilTidakLayak(alfa2);
hasil = alfa2*hasilalfatotal = alfatotal+alfa2; System.out.println("Alfa2:"+alfa2);
System.out.println(hasil);
return hasil;
}
public double Rule3 (double KD, double KB){ double alfa3 = Math.min(baik(KD),baikKB(KB)); double hasil = hasilLayak(alfa3);
hasil = alfa3*hasilalfatotal = alfatotal+alfa3; System.out.println("Alfa3:"+alfa3); System.out.println(hasil);
return hasil;
}
public double Rule4 (double KD, double KB){
double alfa4 = Math.min(baik(KD),kurangKB(KB));
double hasil = hasilTidakLayak(alfa4);
hasil = alfa4*hasilalfatotal = alfatotal+alfa4; System.out.println("Alfa4:"+alfa4); System.out.println(hasil);
return hasil;
}
public double penilaianKY (double KD, double KB){
double rule1=Rule1(KB,KD); double rule2=Rule2(KB,KD); double rule3=Rule3(KB,KD); double rule4=Rule4(KB,KD);
double karyawan = rule1+rule2+rule3+rule4;
double hasil = karyawan/alfatotal;
System.out.println("Rule1:"+rule1); System.out.println("Rule2:"+rule2); System.out.println("Rule3:"+rule3); System.out.println("Rule4:"+rule4); System.out.println("Jumlah Rule:"+karyawan); System.out.println("Alfa total:"+alfatotal); System.out.println(hasil);
alfatotal=0;
return hasil;
}
}

8)  Klik 2 kali pada button reset lalu ketikan source kode berikut 

txtKemampuanDiri.setText(null); 
txtKepribadian.setText(null);

9)  Klik 2 kali pada button OK dan ketikan source kode berikut double hasil;
hitungFuzzy hf = new hitungFuzzy();

hasil = hf.penilaianKY(Double.parseDouble(txtKemampuanDiri.getText()),Do uble.parseDouble(txtKepribadian.getText()));
long hasilKelayakan = (long)(hasil); String pesan = "+hasilKelayakan+"; jLabel5.setText("Penilaian Kelayakan adalah "
+hasilKelayakan);

if (hasilKelayakan<=75){

jLabel6.setText("Tidak Layak");







}else{

jLabel6.setText("Layak");

}

10) Save dan Running program dengan cara klik tombol icon play berwarna hijau atau bisa juga dengan keyboard sourtcut yaitu (F6), sehingga akan tampil sperti gambar berikut.



terima kasih, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk penulis dan pembacanya.

LihatTutupKomentar

iklan konten