membuat fis tsukamoto di netbeans
Membuat Fis Metode Tsukamoto dengan netbeans
1) Jalankan aplikasi netbeans yang sudah terinstall pada pc/laptop
2) Klik File – New Project, pilih java application dan next
3) Berikan nama pada project name, lalu finish
10) Save dan
Running program dengan
cara klik tombol
icon
play
berwarna hijau atau
bisa juga dengan keyboard
sourtcut yaitu
(F6), sehingga akan tampil
sperti gambar berikut.
1) Jalankan aplikasi netbeans yang sudah terinstall pada pc/laptop
3) Berikan nama pada project name, lalu finish
4) Membuat JFrame Form, pada project dengan cara, klik kanan pada packages nama project.
5) Membuat desain gui, seperti pada gambar berikut
6) Membuat packages baru untuk membuat java class, caranya klik kanan pada source packages – new packages, berikan nama packages
7) Buatlah java class pada packages yang baru. Ketikan source kode berikut pada java class :
/** To change this license header, choose License Headers in ProjectProperties.* To change this template file, choose Tools | Templates* and open the template in the editor.*/package hitungFuzzy;/**** @author Royani Darmawan*/public class hitungFuzzy {private double alfatotal = 0;public double kurang (double KD){double hasil = (90-KD)/30;return hasil;}public double baik (double KD){double hasil = (KD-90)/30;return hasil;}public double kurangKB (double KB){double hasil = (90-KB)/30;return hasil;}public double baikKB (double KB){double hasil = (KB-90)/30;return hasil;}public double hasilTidakLayak (double KYTidakLayak){double hasil = 90-(30*KYTidakLayak);return hasil;}public double hasilLayak (double KYLayak){double hasil = 60+(30*KYLayak);return hasil;}public double Rule1 (double KD, double KB){double alfa1 = Math.min(kurang(KD), baikKB(KB));double hasil = hasilTidakLayak(alfa1);hasil = alfa1*hasil; alfatotal = alfatotal+alfa1; System.out.println("Alfa1:"+alfa1); System.out.println(hasil);return hasil;}public double Rule2 (double KD, double KB){double alfa2 = Math.min(kurang(KD), kurangKB(KB));double hasil = hasilTidakLayak(alfa2);hasil = alfa2*hasil; alfatotal = alfatotal+alfa2; System.out.println("Alfa2:"+alfa2);System.out.println(hasil);return hasil;}public double Rule3 (double KD, double KB){ double alfa3 = Math.min(baik(KD),baikKB(KB)); double hasil = hasilLayak(alfa3);hasil = alfa3*hasil; alfatotal = alfatotal+alfa3; System.out.println("Alfa3:"+alfa3); System.out.println(hasil);return hasil;}public double Rule4 (double KD, double KB){double alfa4 = Math.min(baik(KD),kurangKB(KB));double hasil = hasilTidakLayak(alfa4);hasil = alfa4*hasil; alfatotal = alfatotal+alfa4; System.out.println("Alfa4:"+alfa4); System.out.println(hasil);return hasil;}public double penilaianKY (double KD, double KB){double rule1=Rule1(KB,KD); double rule2=Rule2(KB,KD); double rule3=Rule3(KB,KD); double rule4=Rule4(KB,KD);double karyawan = rule1+rule2+rule3+rule4;double hasil = karyawan/alfatotal;System.out.println("Rule1:"+rule1); System.out.println("Rule2:"+rule2); System.out.println("Rule3:"+rule3); System.out.println("Rule4:"+rule4); System.out.println("Jumlah Rule:"+karyawan); System.out.println("Alfa total:"+alfatotal); System.out.println(hasil);alfatotal=0;return hasil;}}
8) Klik
2 kali pada button reset lalu ketikan source kode berikut
txtKemampuanDiri.setText(null);
txtKepribadian.setText(null);
txtKemampuanDiri.setText(null);
txtKepribadian.setText(null);
9) Klik
2 kali pada button OK dan ketikan
source kode berikut
double hasil;
hitungFuzzy hf = new hitungFuzzy();
hasil = hf.penilaianKY(Double.parseDouble(txtKemampuanDiri.getText()),Do
uble.parseDouble(txtKepribadian.getText()));
long
hasilKelayakan
= (long)(hasil); String pesan = "+hasilKelayakan+";
jLabel5.setText("Penilaian
Kelayakan
adalah "
+hasilKelayakan);
if
(hasilKelayakan<=75){
jLabel6.setText("Tidak Layak");
}else{
jLabel6.setText("Layak");
}
terima kasih, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk penulis dan pembacanya.