Rekomendasi Ekstension VSCODE untuk Memudahkan Coding

 

Halo Halo teman-teman semua apa kabar mudah-mudahan teman-teman semua dalam keadaan sehat, artikel kali ini saya akan kembali berbagi tips untuk kalian para programmer atau web developer yang menggunakan kode editor Visual Studio Code. Visual Studio Code atau VSCODE adalah kode editor yang biasa saya pakai sehari-hari yang untuk ngoding khususnya web programming. nah artikel kali ini sebetulnya simpel aja saya mau berbagi ke kalian tiga buah extension tambahan yang kebetulan baru-baru ini saya gunakan dan saya rasa ini juga membantu saya mempermudah saat saya ngoding.

Saya mau kasih tahu beberapa konfigurasi, temen-temen buka ke bagian sebelah kiri di menu extension disini kita bisa mencari extension yang ada di marketplace punya VSCODE atau kita juga bisa lihat extension apa saja yang sudah kita install.

Ini Rekomendasi Ekstension VSCODE untuk Memudahkan Coding

1. Mayukai Theme

Mayukai ini buatan Mas Rian dari javascript Indonesia nama studionya adalah gulajava ministudio. Tema ini dibuat dengan basis warna dasar dari Ayu Theme dengan beberapa warna campuran dari Mterial Theme, Monokai, Gruvbox, dan Andromeda Theme. Susunan warna di dalam tema Mayukai telah disesuaikan lebih lanjut agar tulisan sintaks kode tetao mudah dibaca dan nyaman dipakai untuk pemrograman dalam waktu lama.

Mayukai Theme ini dapat diunduh langsung di VSCODE Marketplace melalui tautan berikut ini. Atau dapat dicari langsung dari Marketplace di dalam text editor VSCODE dengan kata kunci pencarian “mayukai”.

2. Live Server

Live Server adalah salah satu plugin di VSCODE yang dapat digunakan untuk melihat secara langsung hasil selama kita melakukan pemrograman. Secara pribadi saya menggunakan plugin ini untuk mendeain web terutama bagian interface (web design). Beberapa fitur dari Plugin Live Server :

  • Mereload browser secara langsung ketika melakukan pengembangan web
  • Memulai atau menghentikan server hanya dengan satu klik melalui status bar
  • Dapat mensupport banyak Browser dengan menggunakan command line lanjutan yang ada di plugin ini
  • Default-nya menggunakan host ‘localhost’ atau 127.0.0.1
  • Mendukung SVG, https, serta proxy.

3. Peacock

Peacock Ini adalah sebuah extension untuk mengubah warna dari workspace kita contohnya adalah toolbar, bagian warna toolbar sama warna bagian sebelah kiri. nah ini buat apa Berubah kan udah pakai thema mayukai lalu ngapain kita pakai lagi extension ini ?, peacock untuk membedakan antara satu workspace dengan workspace lainnya. kadang-kadang kita itu lagi ngerjain lebih dari satu Project atau membuka banyak VSCODE. contohnya membedakan antara kedua project, jadi kita bisa gunakan yang namanya peacock. misalkan laravel warnanya orange sedangkan untuk yang kedua misalkan ini adalah bootstrap tinggal panggil lagi aja CCTV Freed color misalkan Sekarang saya mau kasih dia hijau seperti ini ya Jadi sekarang Saya punya dua beda dan ketika saya pencet alt saya langsung bisa lihat kemana yang laravel mana yang bootstrap. Jadi istilahnya konteks switching nya lebih muda, nggak bingung lagi.

4. Quokka

Quokka akan secara otomatis melakukan komputasi pada hasil yang kita ketikkan dan mencetaknya langsung di IDE. Sebagai programmer, anda pastinya mencari yang paling cepat dan dapat membuat pekerjaan selesai dengan cepet.

Ekstensi yang satu ini akan bergerak secara otomatis untuk melakukan komputasi pada hasil yang Anda masukkan. Kemudian, hasilnya akan langsung dicetak ke dalam IDE. Jadi, tidak harus repot merubah lagi.


****

Dukung blog ini, dengan cara klik tombol dibawah: 

Nih buat jajan

Terima Kasih !
LihatTutupKomentar

iklan konten