Compression Keamanan Komputer

COMPPRESSION



A. Definisi
Compression adalah proses pengubahan data menjadi suatu bentuk kode agar dapat menghemat suatu kebutuhan pada tempat penyimpanan dan waktu untuk transmisi data. Dengan demikian, compression data berarti proses untuk memanfaatka data agar ukurannya menjadi lebih kecil. Hal ini dilakukan karena setiap simbol yang dimunculkan memiliki nilai bit-bit yang berbeda pada computer. Misalnya pada table ASCII setiap simbol yang dimunculkan memiliki simbol yang panjang bit 8 bit, missal kode A pada ASCII mempunyai nilai desimal = 65, jika dirubah dalam bilangan biner menjadi 010000001. Dengan pemanfaatan ini diharapkan dapat mengurangi (memperkecil ukuran data) dalam ruang penyimpanan. Metode compression terbagi 2 yaitu :

1. Metode Lossy ialah metode kompresi pada data yang menghilangkan sebagian “Informasi” dari file asli. Pada proses kompresi berlangsung tanpa harus menghilangkan (secara signifikan) informasi yang ada dalam file secara keseluruhan. Contoh : pada kompresi file gambar, audio, video. 

2. Metode Lossless Metode lossless adalah kompresi data dimana tidak ada “informasi” atau data yang hilang atau berkurang jumlahnya selama proses kompresi berlangsung, sehingga pada proses dekompresi jumlah bit (byte) sehingga data atau informasi pada file hasilnya tetap sama persis dengan file yang aslinya. 


B. Kompresi pada Multimedia 
1. Kompresi Gambar Kompresi data gambar adalah pengaplikasian kompresi data, yang tujuannya untuk mengurangi redudansi dari citra (gambar), agar dapat dismpan atau dikirimkan dalam bentuk efisien. 

2. Kompresi Video Kompresi video yaitu mengacu pada pengurangan jumlah data yang digunakan untuk mewakili gambar digital di dalam video dan merupakan kombinasi dari ruang kompresi gambar dan temporal kompensasi gerak. 

3. Kompresi Teks kompresi contoh sederhana pada kompresi teks yang bisa kita lakukan pada umumnya sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya menyingkat kata-kata yang sering digunakan tapi sudah memiliki konveksi umum. Misalnya : kata “yang” dikompresi menjadi “yg”. 


C. Algoritma Huffman Algoritma Huffman merupakan algoritma yang dikembangkan oleh David A. Huffman seorang mahasiswa MIT. Merupakan metode paling lama dan paling terkenal dalam kompresi teks. Algoritma Huffman digunakan untuk menemukan prefix code yang optimal dan dipublikasikan dalam sebuah paper “ A Method for the Construction of Minimum-Redundancy Codes” pada tahun 1952. 

        Pengkodean yang digunakan pada Algoritma Huffman sendiri mirip dengan kode Morse, yaitu tiap karakter (simbol) dikodekan hanya dengan rangkaian beberapa bit, dimana karakter yang sering muncul dikodekan dengan rangkaian bit yang pendek dan pada karakter yang jarang muncul dikodekan pada rangkaian bit yang lebih panjang. Algoritma huffman termasuk ke dalam kelas algoritma yang menggunakan metode static, yaitu metode yang selalu menggunakan peta kode yang sama. Metode ini membutuhkan dua fase (two-fase), yaitu fase pertama untuk menghitung probalitas kemunculan tiap simbol dan menentukan peta kodenya, dan fase kedua untuk mengubah pesan menjadi kumpulan kode yang akan ditransmisikan. 

1. Pembentukan Pohon Huffman (Huffman Tree). 
    kode Huffman pada dasarnya ialah sebuah kode prefix (prefix code), yaitu himpunan yang berisi sekumpulan kode biner, dimana pada kode prefix ini tidak ada kode biner yang menjadi awalan bagi kode biner yang lain. Kode prefix biasanya direpresentasikan sebagai pohon biner yang diberikan niali atau label. 
a. Hitung jumlah pemunculan dari setiap karakter. 
b. Buat simpul untuk setiap karakter. 
c. Simpul diurutkan berdasarkan jumlah pemunculan dari kiri ke kanan secara descending. 
d. Simpul baru ini diposisikan sejajar dengan simpul-simpul sebelumnya yang tidak ikut digabungkan e. 2 simpul yang terkecil (2 simpul paling kanan) digabungkan, sehingga membentuk simpul baru. 
f. Lakukan seperti proses 3-5 terus menerus sehingga didapat hanya sebuah simpul saja (root). 
g. Akan terbentuk pohon Huffman (Huffman Tree). 

2. Cara Kerja Huffman 
a. Path pada Pohon Huffman diberi label. Yang ke kiri diberi label 0 dan yang ke kanan diberi label 1 b. Hasil kompresi didapat dengan menelusuri path dari root sampai ke simpul daun (simpul yang tidak punya anak).



****

Dukung blog ini, dengan cara klik tombol dibawah: 

Nih buat jajan

Terima Kasih !
LihatTutupKomentar

iklan konten