Membuat Media Pembelajaran Interaktif Dengan Lectora

     

 Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan merupakan satu terobosan yang luar biasa. Dukungan TIK ini diharapkan dapat menjadi suatu inovasi dalam pembelajaran dengan banyak melibatkan komponenkomponen teknologi informasi didalamnya. Oleh karena itu dalam era globalisasi, sektor pendidikan pun tak luput dari jangkauannya, yaitu dengan melibatkan teknologi didalamnya dapat menghasilkan suatu sistem pendidikan.

     Oleh sebab itu, inovasi pada dasarnya merupakan ide cemerlang yang memunculkan hal baru seperti praktik-praktik tertentu, produk dari suatu hasil olah pikir dan olah teknologi yang diterapkan melalui tahapan tertentu untuk memecahkan persoalan yang timbul dan memperbaiki suatu keadaan tertentu atau proses tertentu yang terjadi di masyarakat. Dalam bidang pendidikan misalnya, untuk memecahkan persoalanpersoalan yang dihadapi, telah banyak contoh model-model inovasi dalam berbagai bidang seperti usaha pemerataan pendidikan, peningkatan mutu, peningkatan efektifitas dan efisiensi pendidikan, dan relevansi pendidikan. Dalam dunia pendidikan, metode pembelajaran kini semakin berkembang. Inovasi yang berbentuk metode dapat berdampak pada perbaikan sistem pembelajaran dan meningkatkan kualitas atau mutu pendidikan. Dengan demikian, metode baru atau cara baru dalam melaksanakan proses pembelajaran dapat menjadi suatu upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran.  

Lectora Inspire adalah software baru keluaran tahun 2011. Di dalamnya terdapat banyak sekali tool yang memudahkan kita untuk membuat suatu media belajar untuk siswa. Selain lengkap, dalam penggunaannya juga bisa dikatakan sangat mudah, mungkin hanya cukup dengan latihan sebentar kita sudah mampu untuk mempergunakannya.

Apa saja sebenarnya yang bisa kita dapatkan dengan mempergunakan aplikasi Lectora Inspire tersebut?

Dengan menggunakan lectora Inspire kita bisa membuat sebuah program yang didalamnya bisa kita sisipkan dengan materi - materi pelajaran yang ingin kita jelaskan. Ditambah lagi anda bisa memasukan berbagai macam gambar serta video pendukung untuk  memperkuat materi yang hendak diajarkan. Jadi intinya disini kita tidak dituntut untuk menguasi script - script yang teramat susah luar biasa dalam membuatnya, cukup memnggunakan software bernama lectora inspire anda sudah bisa membuat program komputer. 

Lectora inspire benar - benar memanjakan para guru. Aplikasi ini juga ternyata menyediakan tool yang memberikan keleluasaan kepada anda untuk membuat test berbasis computer (CBT) di dalamnya. Dengan begitu si siswa selain mendapatkan materi mereka juga bisa langsung untuk melaksanakan kegiatan test dan hasilnya pun akan langsung keluar jika siswa sudah selesai mengerjakan semua soal. Jenis tesnya pun tergantung, mau berbasis seperti apa. Di lectora inspire sudah di sediakan jenis - jenis tes yang hendak di gunakan, tinggal anda memilih jenis mana yang cocok untuk di aplikasikan kepada siswa anda.


Sebenarnya masih ada lagi keuntungan dengan anda memanfaatkan aplikasi ini. Namun di sini penulis tidak bisa menuliskannya satu persatu karena pasti akan terlalu panjang. Namun jangan khawatir, saya tetap akan menginformasikan garis besar keunggulan - keunggulan aplikasi ini, sehingga anda akan lebih mengenal software Lectora Inspire.

§  Software Lectora Inspire bisa digunakan untuk membuat Persentasi
§  Di dalamnya terdapat template - template yang berkualitas tinggi untuk dijadikan background program atau presentasi.
§  Hasil akhir dari pembuatan program menggunakan aplikasi ini adalah berupa file (.EXE) dan si pengguna tidak perlu meinginstal program.
§  Tool yang terdapat didalamnya sangat lenkgap dan didesain untuk kegiatan belajar mengajar.
§  Hasil test yang dilakukan siswa bisa langsung dikirim ke email anda, sehingga anda bisa tahu hasil dari pekerjaan siswa tersebut.
§  Dalam penggunaannya tidak membutuhkan keahlian khusus, cukup berlatih sedikit Insha Allah bisa.
§  Di dalam aplikasi sudah disediakan equation editor, anda tidak usah pusing - pusing untuk melakukan copy paste dari microsoft word atau sejenisnya.

Mungkin sekian saja informasi dari saya berkaitan dengan Aplikasi Lectora Inspire. Sekarang tergantung anda, apakah mau mencobanya atau tidak. Tapi saya selaku guru, sama seperti anda,  sangat merekomendasikan untuk menggunakannya. Banyak sekali keuntungan yang akan anda dapatkan dengan aplikasi ini.



****

Dukung blog ini, dengan cara klik tombol dibawah: 

Nih buat jajan

Terima Kasih !
LihatTutupKomentar

iklan konten